Belajar dari Google, 5 Warga Lampung Nekat Bobol 6 ATM di Sumbar

Budi Sunandar ยท Senin, 22 Juni 2020 - 10:57 WIB
Belajar dari Google, 5 Warga Lampung Nekat Bobol 6 ATM di Sumbar
Polisi tangkap warga Lampung yang bobol enam mesin ATM di Sumbar (Budi Sunandar/iNews)

PESISIRSELATAN,iNews.id - Jajaran Polres Pesisir Selatan menangkap komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Kelima pelaku masing-masing berinisial M, W AS, CP dan I, merupakan warga Lampung.

Kapolres Pesisir Selatan Cepi Noval mengatakan, pelaku ditangkap setelah polisi mendapat laporan adanya enam mesin ATM yang dibobol oleh pelaku. Dari laporan itu polisi melakukan penyelidikan dan pengejaran.

Hasilnya, kata Cepi, kelima pelaku ditangkap di Jalan Lintas Padang-Bengkulu, Kawasan Terusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

“Mereka ditangkap di pinggir jalan saat akan pergi ke Lampung dan melintas di wilayah Pesisir Selatan,” kata Cepi, Senin (22/6/2020).

Cepi menambahkan, kelima pelaku ditangkap karena membobol enam mesin ATM di wilayah Bukittinggi dan Padang.

“Mereka membobol enam ATM. Lima di Bukittinggi, satu di Kota Padang. Dalam enam kali beraksi mereka mendapat Rp11 juta,” kata dia.

Dari hasil pemeriksaan, kata Cepi, pelaku nekat membobol ATM setelah belajar dari internet.

“Mereka mempelajari lewat Google dengan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM dan menarik uang tanpa mengurangi jumlah saldo yang ada di rekening,” katanya.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa satu unit mobil yang digunakan pelaku saat beraksi, uang tunai Rp5 juta, sejumlah pakaian dan ponsel.

Atas perbuatannya, lima pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP atau Pasal 30 Juncto Pasal 46 UU Nomor 19/2016 Dan Pasal 81 UU Nomor 3/2011 tentang Transfer Dana dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto