Objek Wisata di Pesisir Selatan Sumbar Kembali Dibuka 7 Juni

Antara · Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:35 WIB
Objek Wisata di Pesisir Selatan Sumbar Kembali Dibuka 7 Juni
Objek wisata di Pesisir Selatan Sumbar. (Foto: Antara).

PESISIR SELATAN, iNews.id - Semua objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), akan kembali dibuka pada 7 Juni mendatang. Kebijakan ini seiring dengan berakhirnya pembatasan sosial berskala besar atau PSBB sejak 22 April lalu.

"PSBB di Pesisir Selatan masih akan berlangsung hingga 7 Juni. Setelah itu semua objek wisata sudah bisa dibuka kembali," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Sabtu (30/5/2020).

Hanya saja, pengunjung tidak bisa leluasa seperti tahun-tahun sebelumnya namun diharuskan menaati protokol penanganan Covid-19. Kemudian, pengelola akan memprioritaskan pelayanan paket perjalanan komunitas kecil seperti keluarga, kantor, dan lainnya.

"Pengelola juga harus memastikan pengunjung dalam kondisi sehat dan bebas gejala klinis virus corona," ujar dia.

Pengelola juga diharuskan membatasi kunjungan terhadap orang-orang yang berisiko tinggi seperti lanjut usia (lansia). Lalu layanan wisata seperti resort, diving, snorkeling, wisata gunung turut dibatasi.

Sementara bagi wisatawan asing wajib menyertakan surat keterangan hasil uji polymerase chain reaction (PCR) atau tes swab yang menyatakan negatif Covid-19.

Menurut dia, dibukanya fasilitas umum merupakan rangkaian kegiatan untuk mematangkan pelaksanaan New Normal atau tatanan kehidupan baru. Meski begitu pemeriksaan terhadap warga di perbatasan juga semakin diperkatat.

"Pengecekan di perbatasan akan dilakukan lebih ketat sehingga infeksi corona di Pesisir Selatan benar-benar bisa ditekan," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal