BNPB Ingatkan Warga Pesisir Sumbar Waspada Potensi Gempa dan Tsunami

Antara ยท Kamis, 15 April 2021 - 21:10:00 WIB
BNPB Ingatkan Warga Pesisir Sumbar Waspada Potensi Gempa dan Tsunami
Kepala BNPB Doni Monardo. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

PADANG, iNews.idBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga yang bermukim di sepanjang pesisir barat Sumatra Barat agar tetap mewaspadai potensi gempa dan tsunami. Warga harus terus berlatih terkait mitigasi bencana.

"Jadi antara Mentawai dan Enggano ada potensi energi gempa yang belum lepas, solusinya mitigasi tidak boleh berhenti dan terus meningkatkan kesiapsiagaan," ujar Kepala BNPB Doni Monardo, seusai meninjau penanganan abrasi Pantai Padang, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya, gempa dan tsunami tidak bisa diketahui kapan waktuny.a Sebab itu, masyarakat diimbau jangan panik, namun tetap waspada dan terus mempersiapkan diri.

"Walaupun masyarakat di pesisir barat Sumbar sudah terbiasa melakukan latihan mitigasi, saya ingatkan tidak boleh berhenti. Latihan kesiapsiagaan harus terus dilakukan," katanya .

Dia berharap warga Sumbar terutama yang bermukim di tempat rawan dan padat penduduk harus terus berlatih. Kemudian untuk mengantisipasi jika ada gempa pada malam hari, dia menyarankan menggunakan peralatan tradisional seperti menempatkan kaleng di dekat tempat tidur sehingga ketika gempa bisa berbunyi.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2