Bukan Dipelihara,  2 Ekor Simpai Ini Diserahkan Petani Pasaman ke KSDA

Antara · Rabu, 07 Juli 2021 - 11:47:00 WIB
Bukan Dipelihara,  2 Ekor Simpai Ini Diserahkan Petani Pasaman ke KSDA
Dua ekor simpai atau Surili Sumatera (Presbytis melalophos) ditemukan petani Pasaman, Sumbar (Antara)

PASAMAN, iNews.id - Dua ekor simpai atau Surili Sumatera (Presbytis melalophos) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil diselamatkan seorang petani. Hewan itu sudah diserahkan ke Kantor Resor KSDA Pasaman.

Simpai itu diselamatkan oleh petani bernama Mukhlis (50) warga Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. 

"Ada salah seorang warga bernama Mukhlis menyerahkan dua ekor simpai ke kantor Resor KSDA Pasaman dan diterima oleh petugas," kata Kepala Resor KSDA Pasaman Rusdiyan Ritonga, Rabu (7/7/2021).

Sementara itu Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar Ade Putra mengatakan penemuan dua ekor simpai tersebut di temukan oleh Mukhlis di lokasi kebun miliknya, Nagari Aia Manggih.

"Sementara dua simpai tersebut diobservasi dan dirawat di Resor KSDA Pasaman karena usianya masih kecil, maka akan dilepaskan ketika sudah dewasa dan layak untuk dikembalikan ke alam," kata dia.

Menurutnya, simpai atau surili Sumatera adalah salah satu monyet endemik pulau Sumatera. Primata dari famili Cercopithecidae termasuk primata langka dan terancam punah. Oleh IUCN dimasukkan dalam daftar merah sebagai spesies terancam.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: