Cegah Penularan Covid-19, Polresta Padang Dirikan Posko Kongsi Solid Tangguh Informasi

hermawan H ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 21:03 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Polresta Padang Dirikan Posko Kongsi Solid Tangguh Informasi
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa beserta Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Tri Himawan dan jajaran (Foto : Muliadi Humas Padang)

PADANG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya mencegah sekaligus mengatasi penularan virus Covid-19. Kali ini, Pemkot Padang bekerja sama dengan Polresta Padang membentuk Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang".

Kapolresta Padang Kombes Yulmar Try Himawan mengatakan, Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang", yang berlokasi di Komplek Sumbar Mas, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, merupakan penjabaran dari program Kampung Tangguh Nusantara yang digagas Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Ada empat aspek yang kita inginkan dengan terbentuknya posko ini, tangguh kesehatan, tangguh sosial ekonomi, tangguh informasi dan tangguh keamanan," kata Kombes Pol Yulmar Tri Himawan di Parak Karakah, Selasa (23/6/2020).

Dia berharap, dengan adanya posko ini dapat membantu para penderita Covid-19 untuk sembuh dan bisa menghadapi new normal.

"Output yang kita harapkan dengan pembentukan kongsi ini dapat membantu penderita Covid-19 agar bisa sembuh dan sehat kembali. Mengembalikan fungsi-fungsi sosial, kesejahteraan, dan kesehatan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo per Juni 2020, masyarakat sudah boleh melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, tetap dengan menjalankan protab kesehatan pencegahan covid-19.

"Dengan berakhirnya PSBB, maka pengawasan masyarakat otomatis berkurang. Nah, dengan adanya Posko Kongsi Covid-19 dapat membantu mengawasi masyarakat di tingkat kelurahan maupun RT/RW agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas," ujarnya.

Hendri berharap, posko kongsi covid-19 ini dapat menjadi role model daerah lain di Indonesia. "Mudah-mudahan dengan adanya kongsi Covid-19, masyarakat dapat saling mengingatkan dan terlindungi selama beraktivitas," ujarnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Wakapolresta Padang AKBP Haris Hadis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan lainnya.

Direncanakan Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang"  akan dilaunching oleh Kapolda dan Gubernur Sumatera Barat pada Kamis 25 Juni 2020.


Editor : Tomi Wahyudi