Putus Penularan Covid-19, Pemprov Sumbar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

hermawan H ยท Senin, 22 Juni 2020 - 23:00 WIB
Putus Penularan Covid-19, Pemprov Sumbar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal (Foto : Diskominfo Sumbar)

PADANG, iNews.id - Kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), masih ditemukan meski grafiknya mulai menurun. Pemprov Sumbar pun terus melakukan berbagai upaya strategis untuk memutus mata rantai penularan, terutama dengan mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Banyak hal yang telah kita lakukan seperti penguatan sistem kesehatan, upaya tracing secara masif, serta penambahan alokasi anggaran penanganan Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jasman Rizal di Kantor Diskominfo Sumbar, Senin (22/6/2020).

Jasman menjelaskan, tanpa kesadaran kolektif seluruh komponen masyarakat, langkah-langkah tersebut tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Meskipun telah memasuki tatanan normal baru dan aktivitas telah seperti sedia kala, jangan lupakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan lainnya.

“Jangan menganggap pada masa normal baru seakan virusnya telah hilang. Justru harusnya lebih diperketat lagi proteksi diri dengan berpedoman pada protokol Covid-19," katanya.

Jasman meyakini seluruh pihak tentu sepakat tidak menginginkan adanya istilah gelombang kedua setelah penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC). Dia mencontohkan, masih ditemui pelaku usaha yang tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan Covid-19, khususnya pada usaha kuliner.

“Kepada pengusaha kuliner, terutama rumah makan, gunakanlah masker. Kita tentu tidak ingin droplet yang bertebaran hinggap pada makanan yang akan disantap banyak orang,” katanya.


Editor : Tomi Wahyudi