Cegah Sampah ke Laut, DLH Padang Pasang Kubus Apung di Jembatan Tamsis

hermawan H ยท Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:02 WIB
Cegah Sampah ke Laut, DLH Padang Pasang Kubus Apung di Jembatan Tamsis
Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang memasang kubus apung (Foto : Diskominfo Padang).

PADANG, iNews.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang memasang kubus apung sebagai upaya untuk mencegah agar sampah tidak sampai ke laut. Kubus apung tersebut dipasang di bawah jembatan Tamsis.

"Pemasangan kubus apung tersebut bertujuan untuk menahan sampah-sampah dari sungai supaya tidak mengalir ke laut, kata Kepala DLH Kota Padang Mairizon di Padang, Sabtu (18/7/2020).

Mairizon mengatakan, untuk satu kubus apung ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp100 juta. Karena anggaran kubus apung cukup besar, maka baru satu dianggarkan untuk tahun ini.

"Rencana awalnya ada tiga kubus apung. Namun, baru satu direalisasikan karena anggaran kita direfocusing untuk penanganan Covid-19," katanya.

Terlepas dari upaya yang dilakukan tersebut, Mairizon berharap kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi ke sungai, sehingga di saat hujan turun sampah tidak lagi menumpuk di bibir pantai.

"Dalam menjaga kebersihan lingkungan, dibutuhkan peran serta masyarakat. Sebab tanpa kepedulian dari masyarakat mustahil akan terwujud Kota Padang yang bersih, nyaman, aman dan sehat," katanya.


Editor : Tomi Wahyudi