Cerita Korban Gempa Pasaman Barat, Pilih Bangun Rumah ketimbang Beli Baju Lebaran

Antara ยท Jumat, 22 April 2022 - 15:21:00 WIB
Cerita Korban Gempa Pasaman Barat, Pilih Bangun Rumah ketimbang Beli Baju Lebaran
Korban gempa Pasaman Barat, Sumbar, memilih bangun rumah ketimbang beli baju baru saat lebaran (Antara)

PASAMAN BARAT, iNews.id - Lebaran tinggal menghitung hari. Biasanya, orang-orang sibuk menyiapkan dan berbelanja baju baru untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Namun, kali ini berbeda. Korban gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) tak memikirkan baju baru untuk lebaran. Tahun ini mereka fokus untuk membangun rumah atau hunian sementara.

"Bantuan tidak kunjung datang. Saya beranikan diri membangun tempat tinggal berukuran 5x6 meter walaupun sebagian menggunakan uang pinjaman. Terpenting keluarga kami bisa berkumpul saat Lebaran nanti," kata salah satu korban gempa bernama Sarli (56), Jumat (22/4/2022).

Sarli menambahkan, dirinya memilih membangun rumah agar saat merayakan Lebaran nanti, keluarganya sudah memiliki rumah yang layak ditinggali karena rumah mereka sebelumnya runtuh akibat gempa magnitudo 6,1 pada 25 Februari 2022.

"Daripada berbaju baru, lebih baik kami berumah baru yang layak saat Lebaran meskipun dengan modal seadanya," kata dia.

Rumah barunya ini dibangun memakai rangka baja ringan, dinding GRC, beratapkan seng. Agar mengurangi pengeluaran, dia memilih pintu dan jendela bekas rumah yang runtuh serta membeli sedikit batu bata.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: