Gandeng Kemenkumham, Polda Sumbar Awasi Ketat Napi Program Asimilasi

Antara ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 06:43 WIB
Gandeng Kemenkumham, Polda Sumbar Awasi Ketat Napi Program Asimilasi
Kapolda Sumatera Barat Irjen Toni Harmanto (Antara)

PADANG, iNews.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) akan terus mengawasi narapidana (napi) yang dibebaskan dari program asimilasi. Hal ini dilakukan agar para napi tidak berulah melakukan tindak kejahatan.

“Salah satu caranya dengan terus melakukan koordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Sumbar,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Rabu (20/5/2020).

Toni menambahkan, bebasnya narapidana lebih cepat dari waktunya tentu menjadi pekerjaan tambahan bagi aparat sehingga perlu kerja sama dengan seluruh pihak.

"Ini menjadi perhatian kita apalagi di tengah COVID-19 yang memiliki dampak terhadap perekonomian dan rawan menimbulkan tindak kejahatan," kata dia.

Toni menegaskan, napi asimilasi yang nekat kembali melakukan aksi kejahatan akan menerima dua sanksi, yakni sanksi dari program asimilasi dan juga sanksi pidana dari kejahatan yang dilakukakan.

Hingga saat ini, kejahatan yang dilakukan narapidana asimilasi terjadi di dua daerah yakni Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung. Polresta Padang menangkan tujuh narapidana dan Polres Sijunjung menangkap lima narapidana asimilasi.

"Kita terus lakukan pengawasan dan penguatan patroli lapangan agar kejadian ini tidak terulang kembali," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto