Gegara Covid-19, Pemkot Padang Kehilangan Pendapatan Rp174 Miliar

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 18:56 WIB
Gegara Covid-19, Pemkot Padang Kehilangan Pendapatan Rp174 Miliar
Salah satu lokasi wisata di Sumbar (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) kehilangan pendapatan Rp174 miliar. Pendapatan itu dari sektor pariwisata yang melesu selama pandemi Covid-19.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan terbesar di Padang sejak Februari sampai Mei 2020 nyaris tidak ada lagi orang berwisata ke Padang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian, Rabu (17/6/2020).

Arfian menambahkan, untuk pemasukan dari retribusi Pantai Air Manis saja kehilangan pendapatan dalam tiga bulan terakhir mencapai Rp60 juta.

"Apalagi saat libur Lebaran kemarin seharusnya bisa mencapai Rp100 juta karena wisatawan meningkat, namun karena Covid-19 menyebabkan objek wisata ditutup," kata dia.

Arfian menambahkan, sektor pariwisata adalah kontributor utama bagi penerimaan daerah di kota Padang. Dia berharap dengan memasuki normal baru dapat kembali menggeliat.

"Kita tidak ingin lama-lama terpuruk dan berharap sektor pariwisata kembali menggeliat," katanya.

Sementara itu, khusus untuk pajak hotel dan restoran yang dikelola oleh Bapenda Padang dan Dinas Pariwisata fokus kepada retribusi.

Sementara itu, GM Kryad Bumi Minang Hotel Fajdri Roesman mengatkan, memasuki era normal baru pihaknya siap melayani tamu dengan protokol Covid-19.

"Ada banyak perubahan yang dilakukan dalam operasional hotel terutama menyangkut pelayanan kesehatan dan higienitas," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto