Hasil Tes Swab Keluar, 13 Tenaga Medis RSUD Padang Panjang Positif Corona

Nur Ichsan ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 16:04:00 WIB
Hasil Tes Swab Keluar, 13 Tenaga Medis RSUD Padang Panjang Positif Corona
Pasien positif korona. (Foto: ilustrasi/AFP)

PADANG PANJANG, iNews.id - Sebanyak 13 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif corona atau Covid-19. Ini diketahui setelah. para tenaga medis itu menjalani tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Nuryanuwar mengatakan, tes swab itu dilakukan terhadap puluhan tenaga medis RSUD dan Puskesmas Kebun Sikolos.

“Hasil tes swab puluhan tenaga medis telah keluar, 13 orang dinyatakan positif ringan. Ke-13 orang itu dari RSUD, tak ada satupun dari Puskesmas Kebun Sikolos,” kata Nuryanuwar seperti dikutip dari laman hariansinggalang, Jumat (1/5/2020).

Nuryanuwar menyebutkan, 13 nakes yang dinyatakan positif ringan covid-19 itu kini menjalani karantina di RSUD Padang Panjang. Mereka menjalani karantina di ruang isolasi, tidak bercampur dengan pasien lainnya.

Test swab terhadap puluhan tenaga medis itu dilakukan menyusul adanya pasien dalam pengawasan (PDP) asal Panyalaian yang ternyata positif corona.

Pasien berinisial NS itu sempat periksa di Puskesmas Kebun Sikolos dan dirawat di RSUD Padang Panjang. Dia telah dirujuk ke RSUP M. Jamil Padang.

Tak hanya NSm, suaminya ternyata juga positif corona. Pasutri yang tercatat sebagai perawat di sebuah rumah sakit di Jakarta itu kini dirawat di M. Jamil.

Sementara itu, Direktur RSUD Padang Panjang dr. Ardoni menambahkan, selain mengisolasi 13 petugas medis tersebut, pihaknya akan menelusuri riwayat kontak fisik tenaga kesehatan itu dengan orang lainnya.

“Petugas yang pernah kontak fisik dengan 13 tenaga kesehatan ini juga akan kita isolasi. Langkah ini penting diambil guna mengantisipasi penularan kepada pihak lainnya,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto