Webinar Leader Talk iNews

Hidupkan Pariwisata, Gubernur: PAD Sumbar Bisa Mandek Jika Tak Ada Wisatawan

Nur Ichsan ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 16:48 WIB
Hidupkan Pariwisata, Gubernur: PAD Sumbar Bisa Mandek Jika Tak Ada Wisatawan
Bukittinggi akan kembali buka lokasi wisata pada bulan Juni 2020 (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Industri pariwsiata ternyata menyumbang banyak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). PAD akan mandek jika pariwisata juga mandek terlebih saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pariwisata menjadi sektor tertinggi kedua untuk meraup PAD.

"Uang beredar kedua terbanyak 18 persen adalah pariwisata, jasa, UMKM," kata Gubernur Irwan saat berbincang di Webinar Leader Talk iNews dengan tema Perekonomian dan Pariwisata Sumatera Barat di Tengah Pandemi, Kamis (13/8/2020).

Irwan menambahkan, PAD Sumbar juga mengandalkan dari pajak restoran, hotel dan wisatawan. Jika tidak ada wisatawan yang datang ke Sumbar, maka tidak ada pemasukan.

"PAD itu hidupnya kalau ada wisatawan kalau tidak ada wisatawan, PAD akan mandek, tidak ada yang dibelanjakan karena tidak ada uang," kata dia.

Untuk menggerakan sektor pariwisata, kata dia, saat ini Pemprov Sumbar sudah mencabut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu juga untuk kembali menggerakan ekonomi di Sumbar. Usai PSBB dicabut, semua usaha wisata seperti restoran, hotel mulai beroperasi kembali.

"Semua pekerja dari restoran, hotel yang dirumahkan, kini dipanggil dan dipekerjakan kembali. Bahkan saat ini okupansi hotel di Sumbar di atas 50 persen," kata dia.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan sektor wisata, kata Irwan, Pemprov Sumbar juga melakukan pengamanan seperti semua pelaku pariwisata mulai dari pegawai restoran, hotel dan pedagang diswag gratis.

"Sehingga mereka dipastikan aman dan sehat saat melayani wisatawan. Tak hanya itu, wisatawan yang datang ke Sumbar juga disawb gratis," katanya.

Irwan berharap sektor pariwisata di Sumbar kembali seperti sediakala sebelum Covid-19 mewabah.

Bahkan semua pelaku parisiwata kita swab gratis, mereka dipastikan aman saat melayani wisatawan. Yang datang juga swab gratis. Sehingga target terpenuhi sehingga sehat semuanya.

Semua sektor pekerjaan sudah kembali dibuka seperti restoran, hotel dan bahkan di atas 50 persen okupansinya. maka yang dirumahkan dipanggil dan dipekerjakan lagi.

Webinar Leader Talk iNews disiarkan langsung (live streaming) melalui akun Youtube Official iNews, iNews Portal dan website iNews.id. Selain Irwan, hadir sebagai narasumber yaitu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kadis Perdagangan Kota Padang Andree Algamar, dan Ketua Organda Sumbar Budi Syukur.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto