Webinar Leader Talk iNews

Gubernur Sumbar: Selama Obat Belum Ada, Tak Mungkin Bisa Menihilkan Covid-19

Nur Ichsan ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:30 WIB
Gubernur Sumbar: Selama Obat Belum Ada, Tak Mungkin Bisa Menihilkan Covid-19
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyebut tidak mungkin untuk menihilkan Covid-19. Menurutnya, saat ini pemerintah hanya bisa mengendalikan laju Covid-19.

"Tidak mungkin menihilkan. Sederhana saja, selama obat atau vasin belum ada, maka yang bisa dilakukan dengan mengendalikan," kata Irwan saat berbincang di Webinar Leader Talk iNews dengan tema Perekonomian dan Pariwisata Sumatra Barat di Tengah Pandemi, Kamis (13/8/2020).

Irwan menambahkan, penularan Covid-19 akan terus terjadi sebelum obat dan vaksin Covid belum ditemukan. Menurut dia, cara mengendalikannya dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, menjaga jarak serta mengenakan masker saat keluar rumah.

"Orang bepergian, ke luar rumah, pergi dari daerah satu ke daerah lain kemudian terpapar. Ini akan terus terjadi sampai saat ini," kata dia.

"Sehingga kita harus disiplin protokol Covid-19. Ini akan aman, terkendali sampai vaksin ditemukan," lanjutnya.

Lebih lanjut Irwan menambahkan, pemerintah harus masif melakukan test, tracking hingga isolasi jika ada satu kasus baru.

"Untuk pemerintah harus masif testing, masi tracking, isolasi, karantina sehingga dua tiga pekan terputus tidak berkembang klaster. Begitu terus sampai ketemu obatnya," kata dia.

Webinar Leader Talk iNews disiarkan langsung (live streaming) melalui akun Youtube Official iNews, iNews Portal dan website iNews.id. Selain Irwan, hadir sebagai narasumber yaitu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kadis Perdagangan Kota Padang Andree Algamar, dan Ketua Organda Sumbar Budi Syukur.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto