Webinar Leader Talk iNews

Perdagangan, UMKM dan Pariwisata Sumbar Lesu karena Terdampak Pandemi Covid-19

Nur Ichsan ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:43 WIB
Perdagangan, UMKM dan Pariwisata Sumbar Lesu karena Terdampak Pandemi Covid-19
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyebut sektor perdagangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Hal ini karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Yang paling terdampak yakni UMKM, perdagangan dan pariwisata," kata Irwan saat berbincang di Webinar Leader Talk iNews dengan tema Perekonomian dan Pariwisata Sumatra Barat di Tengah Pandemi, Kamis (13/8/2020).

Irwan menambahkan, meski begitu tidak semua sektor terdampak Covid-19. Beberapa sektor yang termasuk aman dari dampak Covid-19 yakni sektor perikanan, perkebunan dan peternakan.

Setelah PSBB dicabut, kata Irwan, hampir seluruh sektor mulai bangkit, sehingga roda perekonomian di Sumbar juga mulau bergerak,

"Ekonomi mulai bergerak setelah PSBB. Untuk perdagangan, pariwisata, sudah mulai pulih bertahap," kata dia.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, untuk sektor pariwisata sudah mulai berangsur pulih sejak 1 Juni 2020. Saat itu, PSBB di Sumbar sudah dicabut kemudian beberapa lokasi wisata di Sumbar berangsur dibuka dan dioperasikan

Dia mencontohkan untuk wilayah Bukittinggi yang sudah mulai macet karena aktifitas pariwisata. Kemudian, objek wisata di Kepulauan Mentawai yang sudah mulai ramai disambangi wisatawan mancanegara.

"Sekarang ini macet luar biasa Bukit inggi, karena tempat wisatanya sudah kita buka. Sudah banyak wisatawan mancanegara datang ke Mentawai tapi tak sebanyak dulu," katanya.

Irwan berharap, seluruh masyarakat Sumbar bisa menerapkan disiplin protokol kesehatan sehingga produktifitas wargga terus tumbuh.

"Mudah-mudahan tetap produkti. Harus mengikuti protokol kesehatan secara disiplin. Kalau dilakukan insya Allah ekonomi tumbuh dan kita tetap sehat. Ikuti protokol kesehatan," kata dia.

Webinar Leader Talk iNews disiarkan langsung (live streaming) melalui akun Youtube Official iNews, iNews Portal dan website iNews.id. Selain Irwan, hadir sebagai narasumber yaitu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kadis Perdagangan Kota Padang Andree Algamar, dan Ketua Organda Sumbar Budi Syukur.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto