Hukum Tajwid Surat Ghafir Ayat 78, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Jumat, 16 September 2022 - 14:28:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Ghafir Ayat 78, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum Tajwid Surat Ghafir Ayat 78 (Foto: Ayudiafatma)

JAKARTA, iNews.id - Hukum Tajwid Surat Ghafir Ayat 78 dapat menjadi pelajaran penting dan bermanfaat. Ada sejumlah kaidah bacaan yang perlu dipahami dalam ayat tersebut.

Mengetahui hukum bacaan sesuai tajwid sangat penting agar ayat yang dibaca tidak salah pemaknaannya. Terlebih, banyak makna yang disampaikan dalam Surat Ghafir Ayat 78.

Berikut ini adalah bunyi dan arti Surat Ghafir Ayat 78:

وَلَقَدۡ اَرۡسَلۡنَا رُسُلًا مِّنۡ قَبۡلِكَ مِنۡهُمۡ مَّنۡ قَصَصۡنَا عَلَيۡكَ وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ لَّمۡ نَقۡصُصۡ عَلَيۡكَؕ وَمَا كَانَ لِرَسُوۡلٍ اَنۡ يَّاۡتِىَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰه‌ِۚ فَاِذَا جَآءَ اَمۡرُ اللّٰهِ قُضِىَ بِالۡحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الۡمُبۡطِلُوۡنَ

Latin: Wa laqad arsalnaa Rusulam min qablika minhum man qasasnaa 'alaika wa minhum mal lam naqsus 'alaik; wa maa kaana li Rasuulin any yaatiya bi Aayatin illaa bi iznil laah; fa izaa jaaa'a amrul laahi qudiya bilhaqqi wa khasira hunaalikal mubtiluun

Artinya: Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

Untuk memahami lebih rinci mengenai hukum tajwid Surat Ghafir Ayat 78, berikut ini uraian detail dan penjelasannya yang dilansir iNews.id, Jumat (16/9/2022).

Hukum Tajwid Surat Ghafir Ayat 78

1. اَرۡسَلۡنَا = Mad Thabi'i. Karena ada fathah diikuti alif. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

2. رُسُلًا مِّنۡ = Idgham Bighunnah. Karena ada tanwin bertemu dengan mim. Cara bacanya melebur tanwin pada huruf mim dengan panjang antara 1 -1,5 Alif atau sekitar 2 sampai 3 harakat.

3. مِنۡهُمۡ مَّنۡ = Idgham Mimi atau Idgham Mutamasilain. Karena huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya adalah membaca huruf mim rangkap secara mendengung. Dibaca mendengung (makhraj huruf hijaiyah mim-nya jelas dan mengalun) kurang lebih sekitar 2 – 3 harakat atau 1 Alif hingga 1 1/2 alif.

4. قَصَصۡنَا = Mad Thabi'i. Karena ada fathah diikuti alif. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

5. عَلَيۡكَ = Mad layyin. Karena ada ya sukun setelah fathah. Cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

6. وَمِنۡهُمۡ = Izhar halqi. Karena ada nun sukun bertemu ha. Dibaca terang, jelas dan pendek, bunyi suaranya tetap jelas, tidak samar, dan tidak mendengung.

7. وَمِنۡهُمۡ مَّنۡ = Idgham Mimi atau Idgham Mutamasilain. Karena huruf mim mati bertemu dengan huruf mim. Cara membacanya adalah membaca huruf mim rangkap secara mendengung. Dibaca mendengung (makhraj huruf hijaiyah mim-nya jelas dan mengalun) kurang lebih sekitar 2 – 3 harakat atau 1 Alif hingga 1 1/2 alif.

8. مَّنۡ لَّمۡ = Idgham Bilagunnah. Karena nun sukun bertemu lam. Cara membacanya dengan ditasydidkan ke dalam salah satu huruf idham dengan suara yang tidak mendengung.

9. عَلَيۡكَؕ = Mad layyin. Karena ada ya sukun setelah fathah. Cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

10. وَمَا كَانَ = Mad Thabi'i. Karena ada fathah diikuti alif. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

11. لِرَسُوۡلٍ = Mad Thabi'i. Karena ada dhummah diikuti wawu. Cara membacanya adalah panjang satu alif atau dua harakat.

12. اَنۡ يَّاۡ = Idgham Bighunnah. Karena ada tanwin bertemu dengan ya. Cara bacanya melebur tanwin pada huruf ya dengan panjang antara 1 -1,5 Alif atau sekitar 2 sampai 3 harakat.

13. اِلَّا بِاِذۡنِ = Alif Lam Qomariyah. Karena ada alif lam diikuti salah satu huruf Qomariyah jim. Dibaca jelas.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: