Identitas Warga Pariaman yang Laporkan Pelanggaran Pilkada 2020 Dirahasiakan

Antara ยท Minggu, 04 Oktober 2020 - 15:18:00 WIB
Identitas Warga Pariaman yang Laporkan Pelanggaran Pilkada 2020 Dirahasiakan
Ilustrasi pelanggaran pilkada. (Foto: Istimewa)

PARIAMAN, iNews.id - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan merahasiakan identitas warga yang melaporkan adanya pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Laporan itu merupakan bekal Bawaslu untuk melakukan penyelidkan.

"Kami jadikan laporan dari warga tersebut sebagai informasi awal untuk ditindaklanjuti," kata Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan di Pariaman, Minggu (4/10/2020).

Riswan menambahkan, jika ingin melaporan warga harus menyerahkan bukti, baik berupa foto yang dilengkapi dengan keterangan lokasi dan peristiwa maupun berupa hal lainnya agar bisa ditindaklanjuti.

Hal tersebut karena selama ini banyak laporan dari warga hanya berupa foto tanpa ada keterangan apa pun, atau hanya sedikit keterangan tanpa ada foto sebagai bukti sehingga menyulitkan pihaknya menindaklanjutinya.

"Bahkan, ketika kami ke lapangan, warga di lokasi yang disebutkan itu tidak mengetahui adanya peristiwa pelanggaran," katanya.

Ia menyampaikan setiap warga yang telah memiliki hak pilih dapat melaporkan peristiwa pelanggaran yang terjadi, baik yang dilakukan oleh peserta pilkada maupun aparatur sipil negara.

"Kami berharap warga dapat membantu pihaknya untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto