Ikuti Jejak Darah, Peternak di Agam Temukan Bangkai Kambing Dimangsa Satwa Liar

Antara ยท Jumat, 25 September 2020 - 14:49 WIB
Ikuti Jejak Darah, Peternak di Agam Temukan Bangkai Kambing Dimangsa Satwa Liar
Ilustrasi kambing milik warga yang mati dengan kondisi mengenaskan. (Foto: Istimewa)

AGAM, iNews.id - Seekor kambing milik warga Cubadak Lilin, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) ditemukan mati. Kuat dugaan, kambing itu mati dimangsa satwa liar.

Pemilik ternak, Zulven Henri (35) mengatakan, dirinya mengetahui satu kambingnya mati ketika hendak melihat kambing di dalam kandangnya pada Kamis (24/9/2020).

"Saat sampai di kandang, saya menemukan banyak bercak darah dan kandang dalam kondisi rusak," kata dia.

Zulven menambahkan, dia kemudian mengikuti arah jejak darah tersebut dan menemukan tubuh kambing miliknya sudah dalam kondisi mati.

"Ada luka robek pada bagian bawah leher. Bangkai kambing itu ditemukan dengan jarak sekitar 50 meter dari kandang," katanya.

Sadar kambingnya dimakan satwa liar, Zulven melapor ke perangkat nagari, Bhabinkamtibmas dan petugas Polhut KPHL Agam Raya Wilayah Matur.

Petugas bersama pemilik selanjutnya kembali ke lokasi tempat ditemukan kambing itu. Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, selanjutnya informasi kejadian tersebut disampaikan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam.

Sementara itu, Pengendali Ekosistim Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, kuat dugaan kambing dimangsa oleh satwa liar. Ini mengingat dalam beberapa waktu belakangan ini kejadian serupa juga pernah terjadi.

"Sebelumnya satu ekor anak kerbau terluka dan dua ekor kambing mati dimangsa yang diduga satwa liar jenis harimau sumatera," kata Ade, Jumat (25/9/2020)


Editor : Nur Ichsan Yuniarto