Izin Keramaian Tak Keluar, PSSI Tunda Kompetisi Liga 1 2020

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 29 September 2020 - 15:28:00 WIB
Izin Keramaian Tak Keluar, PSSI Tunda Kompetisi Liga 1 2020
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunda kompetisi lanjutan Liga 1 musim 2020. Rencananya, pertandingan ditunda hingga November 2020 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Polri tidak mengeluarkan izin keramaian menggelar pertandingan sehingga diputuskan ditunda.

"PSSI menghormati keputusan Polri yang belum mengizinkan keramaian. Pertimbangan keamanan dan kesalamatan dan kemanusiaan itu hal utama," kata Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, Selasa (29/9/2020).

Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini menambahkan, pihaknya mengapresiasi klub yang juga sudah bersemangat mempersiapkan timnya. Apalagi mereka sudah berada di Pulau Jawa.

Meski begitu, Iwan optimistis kompetisi Liga 1 akan kembali digulirkan. Liga 1 masih mempunyai waktu mulai November hingga Maret 2021.

"Jadi masih ada waktu untuk berkompetisi. Kalau Desember rasanya tidak memungkinkan karena akan berpengaruh kepada agenda timnas kita," katanya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung langkah yang diambil PSSI. Dia menekankan bahwa kesehatan dan keselamatan menjadi faktor utama.

"Kami mengapresiasi sikap Ketum PSSI dengan mengedepankan apa yang menjadi keselamatan umum, sebagaiamana yang disampaikan Polri," katanya.

Zainud juga meminta seluruh instansi sepak bola nasional untuk memahami keputusan PSSI.

"Mohon kepada seluruh instansi olahraga sepak bola nasional juga bisa memahami apa yang udah diputuskan federasi. Kami berharap pandemi ini berakhir. Sebulan ke depan semoga membaik," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto