Jadi Pria Tulen, Bagaimana Nasib Medali Pevoli Putri Aprilia Manganang?

Fitradian Dhimas Kurniawan, Djanti Virantika ยท Rabu, 10 Maret 2021 - 16:46:00 WIB
Jadi Pria Tulen, Bagaimana Nasib Medali Pevoli Putri Aprilia Manganang?
Aprilia Manganang, atlet bola voli putri Indonesia yang juga prajurit TNI AD dipastikan berjenis kelamin laki-laki. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Mantan pemain voli putri Indonesia Aprilia Manganang kini memilih menjadi pria tulen. Prajurit TNI AD ini pernah menyabet medali SEA Games bersama Timnas Voli Putri, namun bagiamana nasib medalinya?.

Soal nasib medali-medali tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun memberi jawaban. Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengatakan, deretan medali Aprilia tidak bisa diganggu gugat.

Sebab corrective surgery Aprilia untuk melihat jenis kelamin sesungguhnya dilakukan jauh setelah SEA Games terakhir di Filipina 2019. Meski demikian Kemenpora masih menunggu keputusan dari Komite Olimpiade Nasional (NOC).

"Kan dia ada corrective surgery. Jika itu dilakukan setelah SEA Games Filipina seharusnya tak masalah. Tetapi, kalau sebelum Filipina, tinggal dicari saja aturannya di SEA Games charter. Ada atau tidak yang menyangkut masalah itu," kata Gatot kepada iNews.id lewat sambungan telepon, Rabu (10/3/2021).

"Jika memang diambil, apakah punya atlet yang bersangkutan saja atau keseluruhan tim. Bila kasus ini disamakan dengan doping sangat ekstrem. Contohnya, yang berbuat doping itu atlet Rusia hanya berapa atlet. Tetapi satu negara tak dapat medali. Itu kami tunggu konfirmasinya dari NOC," lanjutnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: