Jaga Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumbar Siapkan Modul untuk Belajar Online

Antara ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 16:34:00 WIB
Jaga Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumbar Siapkan Modul untuk Belajar Online
Ilustrasi belajar online dari rumah (Foto: iNews/Tikno Arie)

SUMBAR, iNews.id - Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) akan menyiapkan modul untuk siswa belajar dari rumah dengan sistem online atau daring. Modul itu nantinya diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

"Kami siapkan modul mata pelajaran untuk siswa belajar di rumah. Nanti bimbingan dari guru bisa daring atau luring. Yang jelas kita berupaya semaksimal mungkin agar kualitas pendidikan tetap terjaga," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Kamis (16/7/2020).

Adib melanjutkan, sistem pendidikan dipaksa merespons kondisi pandemi Covid-19 dengan berbagai cara yang memungkinkan untuk tetap diselenggarakan kegiatan belajar mengajar.

Belajar secara daring, kata dia, salah satu pilihan yang bisa digunakan, terutama untuk daerah perkotaan, yang sudah siap secara infrastruktur.

Saat ini, lanjut Adib, Disdik Sumbar menyiapkan portal dengan nama Si Cadiak Pandai untuk belajar mengajar secara virtual.

"Portal itu nantinya dapat digunakan oleh guru dan peserta didik untuk proses belajar mengajar SMA dan SMK," kata dia.

Portal tersebut terkoneksi secara nasional yaitu pada alamat yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yaitu, https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id.

"Dalam situs dapat masuk dan pilih menu Sumbar yang menamakan portalnya Si Cadiak Pandai," katanya

Namun, untuk daerah yang tidak terjangkau sinyal internet, belajar daring tidak bisa dilakukan, sedangkan pilihan yang tersedia beupa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara luring.

"Apapun metode yang digunakan, kita upayakan agar kualitasnya bisa mendekati pembelajaran tatap muka," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto