Lansir BBM Bersubsidi, Belasan Motor Modifikasi di Padang Ditangkap Petugas

Budi Sunandar ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 15:23:00 WIB
Lansir BBM Bersubsidi, Belasan Motor Modifikasi di Padang Ditangkap Petugas
Belasan kendaraan modifikasi pelangsir BBM bersubsidi diangkut petugas gabungan (Foto : iNews/Budi Sunandar).

PADANG, iNews.id – Belasan kendaraan modifikasi pelansir Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi diamankan oleh petugas gabungan dari Polresta Padang dan Dinas Perdagangan Kota Padang, dari sejumlah SPBU di daerah Pisang dan Kayu Kalek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Razia ini digelar karena aktivitas pelansir BBM yang selama ini sangat meresahkan masyarakat.

Saat petugas melakukan razia para pelansir BBM ini sempat kocar-kacir meninggalkan kendaraannya di SPBU, setelah mengetahui kedatangan petugas kepolisian berpakaian sipil bersama petugas Dinas Perdagangan Kota Padang yang melakukan razia.

Satu per satu motor yang telah dimodifikasi untuk melansir BBM berjenis premium ini, diamankan dan digelandang ke mobil patroli untuk dibawa ke kantor Dinas Perdagangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar mengatakan, razia ini digelar setelah banyaknya laporan dari masyarakat yang telah resah dengan aktivitas para pelansir BBM bersubsidi di sejumlah SPBU. Aktivitas para pelansir ini mengakibatkan antrean panjang dan kelangkaan BBM jenis premium di wilayah Kota Padang.

“Dalam razia ini sebanyak 11 unit sepeda motor modifikasi pelansir BBM berhasil diamankan,” kata Andree Algamar di Padang, Jumat (10/7/2020).

Aktivitas para pelansir BBM bersubsidi ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat sekitar SPBU. Usaha mereka terhalang oleh antrean kendaraan pelansir dan kerap mengakibatkan kemacetan.

 "Belasan kendaraan pelansir ini akan diproses di kantor Dinas Perdagangan dan terancam tindak pidana ringan serta Undang-Undang Perdagangan,” kata Andree.


Editor : Tomi Wahyudi