Mampu Cegah Karhutla, Desa di Riau Ini Dapat Hadiah Rp100 Juta

Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 10 Juni 2022 - 18:38:00 WIB
Mampu Cegah Karhutla, Desa di Riau Ini Dapat Hadiah Rp100 Juta
Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau mendapat reward Rp100 juta karena mampu cegah karhutla. (Foto: MPI/Banda HT)

PEKANBARU, iNews.id - Dua desa di Kabupaten Pelalawan, Riau mendapat kompensasi karena wilayahnya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ada yang mendapat Rp100 juta dan Rp50 juta.

Pemberian reward atau penghargaan ini merupakan program dari Asian Agri. Kedua wilayah tersebut yakni Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui dan Desa Segati di Kecamatan Langgam.

Kedua desa ini mampu mempertahankan dengan mencegah karhutla dari tahun 2021 hingga 2022. Sementara sejumlah desa lainya yang ikut program desa bebas api tidak mendapat reward karena terjadi kebakaran di atas 1 hektare.

"Desa yang berhasil menjaga wilayahnya tidak terjadi karhutla yakni Desa Bagan Limau dan mendapat reward Rp100 juta. Kemudian Desa Segati mendapat hadiah Rp50 juta karena wilayahnya di bawah 1 hektare," ujar Head Operation Asian Agri Omri Samsir di Pekanbaru, Jumat (10/6/2022).

Dia menjelaskan, sejak tahun 2016 Asian Agri sudah menjalankan program Desa Bebas Api (DBA). Untuk menyukseskan desa bebas api, Asian Agri bersinergi dengan pemerintah daerah, TNI, Polri serta menggandeng desa-desa di seputaran operasional untuk bersama-sama mencegah terjadinya karhutla.

"Baik melalui edukasi, penyuluhan dan pelatihan. Memberi bantuan alat pemadam kebakaran serta memberikan dukungan pembukaan lahan tanpa bakar. Bahkan memberikan insentif ekonomi bagi desa yang berhasil menjaga desanya bebas karhutla. Terbukti, ragam kegiatan tersebut  mampu meminimalisir terjadinya karhutla di desa-desa seputar operasional perusahaan," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: