Melawan Saat Ditangkap, Jambret Sadis di Payakumbuh Ditembak Polisi

Agung Sulistyo ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 18:50 WIB
Melawan Saat Ditangkap, Jambret Sadis di Payakumbuh Ditembak Polisi
Pelaku penjambretan di Payakumbuh ditangkap polisi (Agung Sulistyo/iNews)

PAYAKUMBUH, iNews.id - Jajaran Polresta Payakumbuh menangkap jambret yang terkenal sadis. Pelaku terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan saat ditangkap.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Doni Setyawan mengatakan, pelaku diketahui berinisial AG warga Padang Tiakar Payakumbuh Timur, Sumatera Barat (Sumbar). Dia ditangkap setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat terkait aksi pelaku.

Begitu mendapat laporan, kata Doni, polisi melakukan penyelidikan dan pengejaran. Hasilnya, pelaku ditangkap di daerah Banu Hampu, Kabupaten Agam.

"Pelaku terpaksa kami lumpuhkan karena melakukan perlawanan," kata Doni, Kamis (23/7/2020).

Doni melanjutkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku merupakan residivis kasus penjambretan. Dia juga baru keluar dari lemabaga pemasyarakatan.

"Pelaku baru keluar dari Lapas Muaro Padang April 2020. Selama tiga bulan, dia sudah menjambret di sembilan lokasi," kata dia.

Doni mengatakan, pelaku merupakan jambret yang terkenal sadis. Dia tak segan-segan menyelakai korbannya hingga luka-luka.

"Modusnya berkeliling menggunakan motor untuk mencari korban yang menyandang tas atau memegang ponsel. begitu mendapat target dia mengikuti sampai ke jalan sepi dan langsung menjambret tas korban," katanya.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa ponsel, kalung emas 2 gram, liontion 0.7 gram.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 365 tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto