Pastikan PPK Paham Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Agam Gelar Bimtek

hermawan H ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 15:07 WIB
Pastikan PPK Paham Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Agam Gelar Bimtek
KPU Agam menggelar bimtek pemutakhiran data pemilih kepada PPK (Foto : Humas KPU Agam)

AGAM, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumbar, serta Bupati dan Wakil Bupati Agam Tahun 2020. Kegiatan ini diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kabupaten Agam Riko Antoni, memberikan arahan terkait kesiapan pemutakhiran data pemilih kepada peserta bimtek yang terdiri atas ketua dan anggota PPK.

Riko Antoni mengatakan, PPK merupakan salah satu aktor penting dalam pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. PPK harus memastikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) agar memahami tata cara pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

"Untuk itu PPK harus memastikan PPS dan PPDP memahami dengan baik dan benar tata cara pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih itu," kata Riko di Agam, Sabtu (4/7/2020).

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Sumbar Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nova Indra mengatakan, PPK harus dapat memahami setiap materi yang diberikan untuk kembali melakukan bimtek ke PPS.

"Karena itu tahapan pemutakhiran ini sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," katanya.

Nova Indra menjelaskan, tugas dari PPK harus dapat menghasilkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan berkualitas.

"Data pemilih ini penting, terlebih harus akurat dan berkualitas," katanya.

Pada Bimtek ini Komisioner KPU Kabupaten Agam Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ismul Hamdi ikut memberikan materi kepada PPK mengenai persiapan lanjutan tahapan pemutakhiran data pemilih.


Editor : Tomi Wahyudi