Verifikasi Faktual, KPU dan Bawaslu Padang Pariaman Datangi Rumah Warga Pakai APD

Eka Guspriadi ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 20:30 WIB
Verifikasi Faktual, KPU dan Bawaslu Padang Pariaman Datangi Rumah Warga Pakai APD
Petugas KPU dan Bawaslu Padang Pariaman mendatangi rumah warga lengkap dengan APD (Foto: iNews/Eka Guspriadi)

PADANG PARIAMAN, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), kembali melakukan verifikasi faktual untuk calon perseorangan peserta pilkada serentak 2020, setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Petugas mendatangi rumah warga lengkap dengan alat pelindung diri (APD).

Petugas KPU dan Bawaslu mendatangi rumah warga yang terdata dalam daftar dukungan calon perseorangan dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka memverifikasi dukungan calon perseorangan bupati dan wakil bupati Padang Pariaman maupun gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Ketua PPK Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung Anwar mengatakan, selama pandemi Covid-19, petugas KPU dan Bawaslu yang bertugas harus mengikuti protokol kesehatan. Petugas menggunakan APD lengkap mulai dari, masker, face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan.

“Tahapan verifikasi faktual dilaksanakan mulai dari (27/6/2020) hingga (10/7/2020),” kata Anwar di Padang Pariaman, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, Ketua Panwascam 2 X 11 Enam Lingkung Rizki Yulia Wendra mengatakan, petugas mendatangi rumah warga untuk mencocokkan data di formulir yang diberikan calon perseorangan.

“Untuk Kabupaten Padang Pariaman calon perseorangan bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur terdapat satu pasangan," katanya.

Rizki menjelaskan, pasangan perseorangan calon bupati dan wakil bupati Padang Pariaman yang terdaftar di KPU, yakni Ramal Saleh dan Rustam. Sementara pasangan calon perseorangan untuk Pilgub Sumbar, Fakhrizal dan Genius Umar.


Editor : Tomi Wahyudi