Polwan dan Kisah 6 Perempuan Tangguh Asal Bukittinggi

Nur Ichsan · Rabu, 01 September 2021 - 11:13:00 WIB
Polwan dan Kisah 6 Perempuan Tangguh Asal Bukittinggi
Enam perempuan Minang yang menjadi cikal bakal lahirnya Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia (Foto/Museumpolri/Koleksi Adrin Kahar)

JAKARTA, iNews.id - Hari ini, Rabu (1/9/2021) menjadi hari ulang tahun ke-73 Polisi Wanita (Polwan). Keberadaan Polwan saat ini tidak bisa lepas dari peran enam perempuan tangguh asal Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Polwan didirikan pada 1 September 1948 di Bukittinggi. Kesatuan ini didirikan lantaran adanya gelombang pengungsi ketika Belanda melakukan penyerangan kembali. Pengungsi itu merupakan warga pribumi yang menjauhi titik perang.

Namun, para pengungsi itu bisa saja disusupi oleh mata-mata. Sementara saat itu ada kemungkinan Belanda mengirimkan perempuan pribumi sebagai mata-mata. Sayangnya, tidak semua pengungsi perempuan diperiksa oleh aparat pria, apalagi diperiksa badan atau fisik.

Dilansir dari laman museumpolri, untuk mengatasinya, organisasi wanita dan organisasi wanita Islam di Bukittinggi berinisiatif mengajukan usulan kepada pemerintah agar perempuan diikutsertakan dalam pendidikan kepolisian.

Pemerintah ternyata setuju. Kemudian meminta Cabang Djawatan Kepolisian Negara atau Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk Sumatera di Bukittinggi memberikan kesempatan pendidikan kepada perempuan pilihan untuk menjadi polisi.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh perempuan di Minang. Setelah melalui seleksi, terpilih enam remaja perempuan lulusan sekolah menengah untuk mengikuti pendidikan kepolisan wanita.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: