Rumah Hanyut, Korban Banjir Bandang di Solok Selatan Harapkan Bantuan Pemda

Budi Sunandar ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 09:45 WIB
Rumah Hanyut, Korban Banjir Bandang di Solok Selatan Harapkan Bantuan Pemda
Warga bergotong royong membersihkan material banjir bandang. (Foto: Dok iNews).

MUARA LABUH, iNews.id - Korban banjir di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah (pemda) untuk mereka yang kehilangan harta benda dan tempat tinggalnya. Sebab, ada enam rumah hanyut terbawa arus banjir.

Seorang korban banjir dari Kampung Sungai Bandang, Nagari Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Marina mengatakan, dirinya bersama suami dan tiga orang anaknya sementara tinggal di rumah sanak saudara. Sebab, rumahnya hanyut terbawa banjir.

"Harapannya, ingin mendapat bantuan dari pemerintah, bisa tempat tinggal atau hunian sementara," kata Marina kepada wartawan di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, Sabtu (14/12/2019).

BACA JUGA: Kepala BNPB Percepat Kegiatan di Solok, Langsung Tinjau Banjir Sigi

Sementara itu, warga yang rumahnya terendam air, kini mulai membersihkan tempat tinggal mereka dari sisa-sisa lumpur. Beberapa dari mereka juga mencari puing-puing yang merupakan bekas barang perabotannya yang terbawa arus air saat banjir bandang menerjang.

Bukan hanya tempat tinggal masyarakat, banjir juga membuat setengah badan jalan di wilayah tersebut amblas lantaran tergerus banjir. Pengendara diminta berhati-hati saat melintas.

BACA JUGA: Solok Selatan Diterjang Banjir Bandang, 1.000 Rumah Terendam Air

Sebelumnya, banjir bandang kembali menerjang Kabupaten Solok Selatan, Jumat (13/12/2019). Akibatnya, sekitar 1.000 rumah warga terendam air.

Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, peristiwa ini terjadi pukul 05.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal