Sumbar Jadi Daerah Rawan Peredaran Narkoba

Antara · Kamis, 01 April 2021 - 18:52:00 WIB
Sumbar Jadi Daerah Rawan Peredaran Narkoba
Ilustrasi narkoba jenis ganja (Antara)

PADANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah rawan dalam peredaran narkoba. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, Brigjen Pol Khasril Arifin.

"Angka pengguna narkoba hingga saat ini tinggi dan butuh penanganan serius namun BNNP Sumbar terkendala sarana dan prasarana dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba," kata Khasril, Kamis (1/4/2021).

Khasril menambahkan, lokasi perlintasan bagi pengedar narkoba di Sumbar pintu masuknya jelas dan sudah terpetakan secara baik. 

"Mulai dari narkoba jenis ganja masuknya dari Kabupaten Pasaman yang dibawa dari Aceh dan Medan melalui jalur darat. Sementara untuk sabu dan ekstasi terpantau masuk dari Pekanbaru Provinsi Riau melalui Kabupaten Limapuluh Kota," paparnya.

Khasril melanjutkan, BNNK yang berada didaerah perbatasan harus meningkatkan kesiagannya, termasuk upaya menangkap pelaku pengguna atau pengedarnya.

"Data nasional tak ada desa yang bebas dari narkoba dan ini artinya juga di Sumbar. Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menyatakan perang melawan narkoba," kata dia.

Lebih lanjut Khasril mengatakan, BNNP Sumbar terus mencegah dan menanggulangi secara berkelanjutan. Selain menangkap pengguna dan pengedar narkoba, juga sosialisasi pencegahan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto