Tradisi Gigi Runcing Suku Mentawai agar Terlihat Cantik, Ekstrem Dikerik dengan Besi

Faqihah Husnul Khatimah ยท Senin, 19 September 2022 - 20:36:00 WIB
Tradisi Gigi Runcing Suku Mentawai agar Terlihat Cantik, Ekstrem Dikerik dengan Besi
Tradisi gigi runcing Suku Mentawai, Sumatera Barat cukup unik dan menarik. (Foto: sumbarprov.go.id).

MENTAWAI, iNews.idTradisi gigi runcing Suku Mentawai, Sumatera Barat cukup unik dan menarik. Bagi perempuan Suku Mentawai, gigi runcing menandakan kecantikan dan kedewasaan. 

Suku Mentawai merupakan suku yang mendiami Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut, Sumatera Barat. Mereka termasuk suku pedalaman yang belum menyentuh dunia modern. 

Beberapa tradisi Suku Mentawai dianggap unik dan masih dilestarikan hingga kini. Perempuan Suku Mentawai memiliki standar kecantikan sendiri. 

Mereka menganggap penampilan yang menarik, yakni bertelinga panjang, tubuh dihiasi tato dan gigi runcing. Bahkan, mereka rela menahan sakit dalam prosesi peruncingan gigi. 

Upaya ini mereka lakukan demi mendapatkan pengakuan atas kecantikannya. 

Berikut uraian tentang tradisi gigi runcing Suku Mentawai:

1. Simbol Kecantikan

Gigi runcing merupakan simbol kecantikan dan kedewasaan perempuan Suku Mentawai. Mereka percaya bahwa gigi runcing membuat mereka lebih cantik dan mampu menarik perhatian kaum pria. 

Selain itu, gigi runcing juga mendatangkan keseimbangan antara tubuh dan jiwa bagi perempuan. Berdasarkan namanya, tradisi ini hampir sama dengan tradisi potong gigi di Bali. 

Berbeda dari segi makna dan prosesi. Tradisi potong gigi di Bali bermakna untuk mengendalikan Sad Ripu atau enam sifat buruk dalam diri manusia, yaitu Kama, Lobha, Krodha, Mada, Matsarya, dan Moha. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: