13 Tahun Derita Hidrosefalus, Anak di Padang Pariaman Ini Juga Idap Penyakit Hati dan TBC

Eka Guspriadi ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 17:34 WIB
13 Tahun Derita Hidrosefalus, Anak di Padang Pariaman Ini Juga Idap Penyakit Hati dan TBC
Afwardi seorang anak di Kabupaten Padang Pariaman menderita penyakit hidrosefalus ( Foto: iNews/Eka Guspriadi)

PADANG PARIAMAN, iNews.id – Selama 13 tahun Afwardi seorang anak di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menderita penyakit hidrosefalus disertai mengidap penyakit hati dan TBC. Pada penyakit hidrosefalus baru diketahui enam bulan setelah dia dilahirkan.

Afwardi tinggal di rumah yang cukup sederhana di Korong Kampung Kandang Kanagarian Pauh Kamba Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, bersama orang tua dan dua orang adiknya.

“Anak pertama saya semenjak lahir memang sedikit berbeda dari bayi lainnya,” kata Ibu Afwardi, Afrini di Rumahnya, Selasa (30/6/2020).

Afrini menjelaskan kondisi putranya dilahirkan berbeda dari bayi lainnya. Afwardi tidak bisa memiringkan badan dan tertelungkup sehingga akhirnya saat umur enam bulan dilakukan rontgen. Saat rontgen itu diketahui ada cairan pada bagian kepalanya.

“Sejak terkena penyakit itu, saya berjuang mengobati dan membesarkannya. Berbagai macam pengobatan sudah kami lakukan, seperti membawa ke rumah sakit dan pengobatan alternatif,” katanya.

Afwardi sudah menjalani operasi di rumah sakit, didalam tubuhnya sudah terpasang selang untuk membantu pencernaan. Saat ini untuk biaya pengobatan tergantung dari BPJS Mandiri yang diurus orang tuanya beberapa tahun yang lalu.

“Beberapa bulan belakangan ini Afwardi sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit. Selain terkena penyakit hidrosefalus, dia mengalami penyakit kelainan fungsi hati dan TBC,” kata Afrini.

Saat ini kedua orang tua Afwardi kewalahan biaya pengobatan. Selain pemasalahan pengobatan, orang tuanya juga memikirkan dua adiknya yang masih kecil.


Editor : Tomi Wahyudi