Viral Kakek di Payakumbuh Bawa Uang Sekarung Rp82 Juta untuk Ditabung

Antara ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 18:09:00 WIB
Viral Kakek di Payakumbuh Bawa Uang Sekarung Rp82 Juta untuk Ditabung
Karyawan Bank Nagari Payakumbuh menghitung uang yang dibawa kakek penyandang disabilitas senilai Rp82 juta yang dibawa dalam karung. (Foto: Antara)

PAYAKUMBUH, iNews.id - Palyuri (81) kakek penyandang disabilitas di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, mendadak viral di media sosial setelah aksinya membawa uang satu karung berjumlah Rp82 juta untuk ditabung ke Bank Nagari.

Bank Nagari adalah sebutan untuk PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) milik Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar)

Kerabat Palyuri, Anton menuturkan, uang puluhan juta tersebut merupakan milik kakek yang akrab disapa Biyok. Uang itu didapatkan dari hasil kerjanya saat mencuci piring di tempat kondangan dan bukan hasil mengemis.

Biyok merupakan seorang tuna rungu sehingga kesulitan berkomunikasi dengan orang banyak meskipun dikenal sangat rajin bekerja.

"Biasanya dia bekerja sebagai pencuci piring di tempat-tempat pesta pernikahan di Payakumbuh. Saya yakin orang Payakumbuh pasti sering melihat dan mengenal Biyok. Uang tersebut pun juga bukan dari hasil mengemis karena ia sering kerja sebagai pencuci piring, meskipun kadang juga ada dikasih oleh orang tanpa ia minta," kata Anton.

Sebelumnya uang yang disimpan Biyok ini hanya diletakkan di rumahnya namun dari hasil koordinasi pihak kelurahan bersama dengan pihak keluarga, uang milik Biyok ini disimpan di Bank Nagari.

Lurah Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Musleniyetti mengatakan, awalnya mendatangi rumah Biyok karena terdapat informasi kakek itu tidak mendapatkan perhatian. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Musleniyetti langsung menemui dan meninjau ke rumah Biyok yang berada di Padang Kaduduak guna memastikan kebenaran informasinya.

"Awalnya soal Biyok ini viral di Facebook dengan informasi bahwa ia tidak mendapatkan perhatian atau bantuan. Setelah dicek dan datang ke lokasi, ternyata terjadi misinformasi dan malahan ditemukan fakta baru bahwa ia memiliki uang yang disimpan di dalam tumpukan kain di rumahnya," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2