10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Reza Rizki Saputra · Kamis, 21 Juli 2022 - 09:18:00 WIB
10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi
Ngarai Sianok (Instagram @kharismagema)

JAKARTA, iNews.id - Ada 10 tempat wisata di Bukittinggi yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di salah satu kota wilayah Sumatera Barat ini. Bukittinggi merupakan kota pariwisata terindah di provinsi itu. 

Keindahan Bukittinggi karena terletak pada rangkaian Pegunungan Bukit Barisan atau kurang lebih 90 km arah utara dari Kota Padang. Kota ini dikenal sebagai kota perjuangan bangsa yang menyimpan banyak sejarah penting bagi Indonesia.

Bukittinggi juga dikenal sebagai kota wisata terkemuka dan sister city dengan Seremban, Malaysia. Penasaran?

Berikut 10 tempat wisata di Bukittinggi yang wajib dikunjungi:

1. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Tiga zona satwa di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) ditutup (Antara)
Tiga zona satwa di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) ditutup (Antara)

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan kebun binatang di Bukittinggi. Lokasinya ada di Jalan Jendral Ahmad Yani, tempat ini juga tidak jauh lokasinya dari Jam Gadang. 

Dibangun pada tahun 1900 dan diberi nama Stormpark, objek wisata itu merupakan ide gagasan Gravenzanden yang dahulu bertugas di Fort de Kock.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia yang usianya sudah lebih dari satu abad atau telah ada sebelum kemerdekaan Republik Indonesia seerta merupakan salah satu peninggalan Belanda. 

Ada berbagai jenis hewan dan juga Rumah Gadang seperti Museum Rumah Adat Baanjuang serta berbagai barang yang tersimpan di dalamnya.Tempat wisata di Bukittinggi satu ini sangat cocok dijadikan wisata bersama anak-anak atau keluarga. 


2. Benteng Fort de Kock 

Tempat wisata di Bukittinggi, Benteng Fort de Kock (Dokumen/Andreas Hermanto)
Tempat wisata di Bukittinggi, Benteng Fort de Kock (Dokumen/Andreas Hermanto)

Fort de Kock merupakan benteng peninggalan Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825 pada masa Hendrik Merkus de Kock menjadi komandan Der Troepen dan Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda, karena itulah benteng ini terkenal dengan nama Benteng Fort De Kock. 

Pada tahun 2002  Benteng Fort de Kock direnovasi oleh pemerintah daerah. Kini Benteng Fort de Kock menjadi Taman Kota Bukittinggi dan Taman Burung Tropis. Selain menjadi warisan sejarah, Benteng Fort de Kock sekarang dikenal sebagai tempat wisata sekaligus bermain. 

Di dalam Benteng Fort de Kock, terdapat banyak sekali benda bersejarah khas Minangkabau, seperti pakaian adat, tanduk kerbau, serta peralatan tradisional untuk menangkap ikan. Benteng Fort De Kock dahulu merupakan saksi bisu perang Padri.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: