100 Hektare Lahan di Agam Siap Panen Terkena Abrasi, Kerugian Miliaran Rupiah

Antara ยท Sabtu, 29 Oktober 2022 - 21:01:00 WIB
100 Hektare Lahan di Agam Siap Panen Terkena Abrasi, Kerugian Miliaran Rupiah
Sekitar 100 dari 3.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik Koperasi Unit Desa (KUD) Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumbar. (Foto: Antara).

LUBUK BASUNG, iNews.id - Sekitar 100 dari 3.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik Koperasi Unit Desa (KUD) Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat terdampak abrasi pantai. Padahal perkebunan tersebut dalam kondisi siap panen.

Humas KUD Tiku Lima Jorong, Agusmaidi mengatakan, lahan perkebunan itu berada di Jorong Muaro Putih. Lahan perkebunan kelapa sawit milik KUD Tiku Lima Jorong, kata dia mulai ditanam pada 1995-1997 dengan luas 3.000 hektare.

"Lahan perkebunan itu digerus gelombang pasang, sehingga habis dan menjadi lautan," ujar Agusmaidi di Lubukbasung, Sabtu (29/10/2022).

Saat itu, lanjut dia jarak lokasi perkebunan dari bibir pantai sekitar satu kilometer. Namun, tidak adanya pemecah ombak, lahan perkebunan sawit itu habis digerus gelombang pasang.

Akibatnya, KUD Tiku Lima Jorong mengalami kerugian sekitar miliaran, karena sawit telah berbuah. "Rumah warga juga habis dan sudah ada dua perkampungan yang habis akibat abrasi," katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: