5 Jenis Ular Berbisa di Indonesia, Nomor 4 Warnanya Indah tapi Mematikan

Silfia Rahmah Harahap ยท Jumat, 28 Oktober 2022 - 13:19:00 WIB
5 Jenis Ular Berbisa di Indonesia, Nomor 4 Warnanya Indah tapi Mematikan
Jenis ular berbisa di Indonesia sangat beragam karena Indonesia merupakan negara tropis juga kaya akan flora dan fauna. (Foto: Istimewa).

PADANG, iNews.id - Jenis ular berbisa di Indonesia sangat beragam karena Indonesia merupakan negara tropis juga kaya akan flora dan fauna. Ular merupakan hewan yang ditakuti banyak orang karena gigitannya dapat mengancam nyawa. 

Menurut WHO, gigitan ular berbisa dapat menyebabkan lumpuh parah yang menghambat pernapasan, gangguan pendarahan serta perdarahan fatal, gagal ginjal ireversibel dan kerusakan jaringan lokal yang parah sehingga dapat mengakibatkan cacat permanen dan amputasi. 

Sehingga perlu kewaspadaan, apalagi ketika sedang berada di alam karena keberadaan ular sering ditemui di hutan atau perkebunan. 

Berikut jenis ular berbisa di Indonesia:

1. Ular Kobra

Merupakan ular berbisa dengan jumlah terbesar di dunia. Ular Kobra terbagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti kobra penyembur, kobra Sumatra (Naja sumatrana) yang mempunyai tubuh lebih tebal, ekor pendek, kepala elips dan tertekan yang sedikit berbeda dari leher.

Kemudian, kobra Jawa (Naja sputatrix) yang berwarna hitam kecokelatan dan King kobra (Ophiophagus hannah) termasuk ular berbisa terpanjang di dunia yang mencapai rata-rata 3,5-5,8 meter. Ular kobra sering ditemui di lahan pertanian, hutan bakau juga pemukiman warga. Bisa dari ular ini diduga dapat membunuh 10 -20 orang. 

2. Ular Weling

Ular weling (Bungarus candidus) banyak ditemukan di pulau Jawa mempunyai ciri khas pada pola gelang di sisi atas dan samping tubuhnya berwarna hitam putih. Ular ini biasa hidup di lubang tikus, sawah, sungai dan lainnya. 

Bisa ular weling dapat menyebabkan sakit kepala, diare, kejang, paralisis karena saraf berhenti bekerja serta muntah. Ular weling lebih aktif pada malam hari dan biasanya mereka memakan ikan, katak hingga hewan-hewan kecil di air. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: