Berjualan di Trotoar, 20 Pedagang di Padang Ditertibkan Satpol PP

hermawan H ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 17:46:00 WIB
Berjualan di Trotoar, 20 Pedagang di Padang Ditertibkan Satpol PP
Satpol PP Kota Padang menertibkan lapak PKL yang berjualan di trotoar dan badan jalan ( Foto : Humas Satpol PP )

PADANG, iNews.id  - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menertibkan 20 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di trotoar dan badan Jalan Prof Hamka Air Tawar, Kecamatan Padang Utara. Para pedagang ini telah melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

"Para pedagang yang berjualan di trotoar dan badan jalan kita tertibkan sekaligus akan diedukasi," kata Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi di Air Tawar, Jumat (19/6/2020).

Saat penertiban tersebut Kasatpol PP Padang ikut membantu PKL untuk memindahkan barang dagangannya ke tempat yang lebih aman.

"Mereka sangat paham dan sadar telah berbuat salah, kita suruh pedagang itu membongkar dan memindahkan sendiri barang dagangannya. Salah satu pedagang kita bantu untuk memindahkan barang dagangannya karena suaminya sedang bekerja," katanya.

Alfiadi berharap warga Kota Padang yang berprofesi sebagai pedagang tidak menggunakan trotoar dan badan jalan untuk berdagang. Jika berdagang harus di tempat yang telah diatur.

"Hampir semua trotoar kita sudah bagus dan ada juga jalur untuk saudara kita disabilitas. Jika digunakan untuk berjualan tentu masyarakat yang ingin berolahraga dan berjalan di trotoar akan terganggu. Mari kita sadar dan taat aturan demi kepentingan kita bersama" katanya.

Dalam penertiban tersebut diikuti oleh sekretaris, kabid SDA, dan kabid Linmas Satpol PP Kota Padang.


Editor : Tomi Wahyudi