8 Tahun Tak Bisa Berjalan, Gevira Bocah 10 Tahun di Padang Pariaman Butuh Uluran Tangan

Eka Guspriadi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 20:00 WIB
8 Tahun Tak Bisa Berjalan, Gevira Bocah 10 Tahun di Padang Pariaman Butuh Uluran Tangan
Gevira, gadis berumur 10 tahun, warga di Kabupaten Padang Pariaman sudah delapan tahun menderita penyakit lemah tungkai (Foto : Eka Guspriadi)

PADANGPARIAMAN, iNews.id – Gevira, gadis berumur 10 tahun, warga di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sudah delapan tahun menderita penyakit lemah tungkai. Kedua orang tuanya menderita disabilitas mental atau retardasi mental sehingga kesulitan mengobati anak semata wayangnya tersebut.

Gevira sangat membutukan uluran tangan dari dermawan. Gadis kecil ini hanya bisa tergolek lemas di rumah yang sangat sederhana. Tubuhnya sangat kurus dan tinggal kulit pembungkus tulang. Gevira didiagnosis dokter mengalami penyakit lemah tungkai semenjak berumur dua tahun.

Kondisi Gevira sangat memilukan hati. Selain karena menderita penyakit bawaan, kondisinya diperparah dengan kedua orang tuanya, Monen (43) dan Lisnawati (31), yang mengalami retardasi mental sehingga tidak bisa menghidupi keluarganya dengan layak.

Tante Gevira, Ida menuturkan, sebelum tinggal di Kabupaten Padang Pariaman, Gevira sempat dibawa dan dirawat pamannya beberapa tahun di Kota Padang Panjang. Namun, kondisi Gevira tidak jauh berubah.

“Pertumbuhan badan tidak mengalami peningkatan. Selain itu, keluarga sudah membawanya berobat, baik medis maupun pengobatan alternatif,” kata Ida di rumah Gevira, Rabu (3/6/2020).

Rencananya Gevira dibawa lagi ke rumah sakit, namun terkendala biaya. Dokter puskesmas setempat mengakui Gevira mengalami lemah tungkai.

“Penyakit Gevira ini lemah tungkai kata dokter puskesmas, semenjak dia berumur dua tahun. Sempat dibawa ke daerah lain, karena itu kondisinya menjadi kurang terpantau,” katanya.


Editor : Tomi Wahyudi