Bukan Macan Dahan Ternyata Harimau Sumatera yang Terkam Ternak Warga Lubuk Alung

Antara ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 09:29 WIB
Bukan Macan Dahan Ternyata Harimau Sumatera yang Terkam Ternak Warga Lubuk Alung
Harimau Sumatera yang masuk perangkap yang dibuat oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam BKSDA di Solok, Sumbar (Budi Sunandar/iNews)

PARIAMAN, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) menangkap harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Harimau itu ditangkap karena diduga menerkam sejumlah ternak milik warga.

Harimau muda itu ditangkap di Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Harimau itu meresahkan warga karena telah menerkam sejumlah ternak dalam sebulan terakhir.

"Kami mendapat laporan harimau yang menerkam ternak pada Sabtu (11/7/2020), kemudian kami memasang perangkap pada Senin (13/7/2020)," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar, Eka Damayanti, Selasa (14/7/2020).

Eka menambahkan, pihaknya kemudian mendapat laporan dari warga bahwa seekor harimau sumatera itu masuk ke dalam perangkap.

"Untuk sementara harimau sumatera itu kami evakuasi, kami periksa kondisi kesehatannya untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya," katanya.

Macan Dahan (Foto: Antara)
Macan Dahan (Foto: Antara)

Untuk diketahui, teror hewan buas terjadi di Korong Surantiah Koto Buruak, Nagari Lubuk Alung. Pada Sabtu (11/7/2020) tujuh kambing milik warga tewas karena ulah hewan buas. Tujuh kambing itu mati secara bersamaan di dalam kandang.

Awalnya, warga mengira kambing itu diterkam dan dimakan macan dahan, namun setelah memasang perangkap, ternyata kambing itu diterkam oleh macan harimau.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto