E-Polda Sumbar, Aplikasi Canggih Bisa Pantau Laporan hingga Lokasi Rawan

Antara ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 07:50 WIB
E-Polda Sumbar, Aplikasi Canggih Bisa Pantau Laporan hingga Lokasi Rawan
Markas Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Foto: Tribratanews)

PADANG, iNews.id - Polda Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan aplikasi layanan digital. Aplikasi yang diberi nama E-Polda Sumbar itu diluncurkan dalam perayaan HUT ke-74 Bhayangkara di Mapolda Sumbar, Rabu (1/7/2020).

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, aplikasi ini merupakan langkah dalam menyikapi era 4.0 yang serba digital sehingga pihaknya terus melakukan inovasi meningkatkan kapasitas dan pelayanan kepada masyarakat.

"Aplikasi ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin membuat pengaduan masyarakat secara daring. Mulai dari pengaduan tindak pidana hingga pengaduan oknum anggota kepolisian yang nakal," kata Toni.

Toni menambahkan, nantinya semua laporan masuk akan langsung diproses dan ditindaklanjuti dengan baik sesuai prosedur yang ada.

Selain itu, kata Toni, aplikasi ini dilengkapi pemetaan mulai dari titik kebakaran hutan, lokasi rawan serta penempatan anggota kepolisian terdekat untuk membantu masyarakat.

Dalam aplikasi ini ada sejumlah layanan mulai layanan kepolisian seperti E-Dumas, E-Office, E-Kinerja, Survei, pemberitaan Polda Sumbar dan lainnya.

“Jika dalam kondisi darurat ada panic button yang memberikan sinyal butuh pertolongan dan petugas terdekat akan mendatangi korban,” kata dia

Menurut Toni, aplikasi ini terintegrasi antara pelayanan dan internal kepolisian sendiri sehingga mengubah kinerja yang berbasis digital sesuai kemajuan zaman.

Tono mengingatkan, aplikasi Polda Sumbar sudah dapat diunduh di aplikasi telepon pintar melalui play store.

“Kita berharap aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja personel dan mempermudah pelayanan langsung kepada masyarakat,” kata Toni.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto