Hari Ini Sumbar New Normal, Padang Terapkan Masa Transisi

Antara ยท Senin, 08 Juni 2020 - 10:42 WIB
Hari Ini Sumbar New Normal, Padang Terapkan Masa Transisi
Bukittinggi akan kembali buka lokasi wisata pada bulan Juni 2020 (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota Padang menerapkan masa transisi selama sepekan usai pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar tahap III yang berakhir 7 Juni 2020. Masa transisi itu mulai dari 8 Juni hingga 13 Juni 2020.

"Setelah PSBB tahap III berakhir, kami memutuskan belum masuk pada era normal baru dan melakukan masa transisi untuk melakukan sosialisasi secara masih Perwako tentang pola hidup baru," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Senin (8/6/2020).

Menurut Mahyeldi pihaknya telah menyusun Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang akan disosialisasikan secara masif kepada masyarakat pada masa transisi.

“Kita belum bisa cepat memasuki era normal baru karena Padang masih zona kuning,” kata dia.

Mahyeldi menambahkan, Padang termasuk ke dalam 139 kabupaten/kota di Indonesia yang berstatus zona kuning penularan Covid-19.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, pemberlakuan normal baru dalam rangka menghadapi Covid-19 akan mulai dilaksanakan di Sumbar pada 8 Juni 2020 seiring berakhirnya PSBB tahap III pada 7 Juni 2020.

"New normal merupakan pola kehidupan baru yang produktif sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari mulai dari bekerja, sekolah, beribadah dengan menggunakan prinsip aman Covid-19," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto