Jika Bisa Naikkan Omzet, Pengusaha Rumah Makan Padang Akan Ikuti CHSE

Antara ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 16:16:00 WIB
Jika Bisa Naikkan Omzet, Pengusaha Rumah Makan Padang Akan Ikuti CHSE
Pengusaha rumah makan Padang (Antara)

PADANG, iNews.id - Pengusaha Rumah Makan (RM) Padang di Sumatera Barat (Sumbar) akan mengikuti  penerapan protokol kesehatan sesuai standar Cleanlines, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE). Hal ini demi menaikkan omzet yang terpuruk karena pandemi Covid-19.

"Omzet saat pandemi turun drastis. Rata-rata hanya 30 persen dari pendapatan normal sebelum Covid-19. Kalau CHSE ini bisa meningkatkan omzet, kami akan ikuti," kata pengelola RM Pak Datuk Padang Panjang, Ardamili, Kamis (4/3/2021).,

Ardamili menambahkan, biasanya rata-rata pendapatan harian RM Pak Datuk sekitar Rp8 juta. Setelah pandemi rata-rata hanya Rp2 juta paling tinggi. Bahkan pada awal-awal pandemi sesuai kebijakan pemerintah, rumah makan ditutup sekitar tiga bulan dari Maret hingga Juni 2020.

"Setelah buka di bulan Juli 2020 masih ada kebijakan tidak boleh makan di rumah makan. Hanya boleh bungkus," kata dia.

Padahal untuk RM Pak Datuk, kata dia, sebagian besar konsumen adalah warga luar Sumbar. Dari Pekanbaru, Jakarta hingga wisatawan Malaysia.

"Kita memahami kebijakan ini untuk pengendalian virus. Namun kondisi ini membuat pengusaha kelimpungan. Kita sampai terpaksa merumahkan sebagian karyawan," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2