Kerap Peras Sopir Angkot, Belasan Preman di Pasar Raya Padang Diangkut Polisi

Antara ยท Selasa, 15 September 2020 - 12:46 WIB
Kerap Peras Sopir Angkot, Belasan Preman di Pasar Raya Padang Diangkut Polisi
Polresta Padang tangkap preman di Pasar Raya Padang (Antara)

PADANG, iNews.id - Jajaran Polresta Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengamankan belasan preman di kawasan Air Mancur, Pasar Raya Kota Padang. Preman-preman itu diduga kerap melakukan pemerasan serta membuat resah warga.

Kapolresta Padang AKBP Imran Amir mengatakan, razia ini dilakukan setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat yang resah dengan aksi premanisme serta pemalakan di kawasan Pasar Raya.

"Dari hasil kegiatan itu, diamankan sebanyak 13 orang dan langsung digelandang ke Kantor Polresta Padang," kata Imran, Selasa (15/9/2020).

Imran menambahkan, para preman itu dianggap telah melanggar peraturan terkait retribusi daerah, melakukan pemerasan, dan meresahkan masyarakat.

"Tindak pemerasan diduga dilakukan di kawasan Air Mancur Pasar Raya dengan sasaran pengemudi angkutan kota (angkot), serta masyarakat dengan mobil pribadi yang parkir di kawasan tersebut," kata dia/

Modus yang digunakan, lanjut Imran, para preman memberi jasa pengharum ruangan mobil, menjual makanan, minuman dan lainnya, lalu memaksa orang membelinya dengan harga di atas harga normal.

"Beberapa preman yang merupakan mantan narapidana atas kasus kasus copet, jambret, serta kasus penganiayaan. Mereka ini tidak memiliki pekerjaan usai keluar dari penjara, sehingga mencari uang dengan cara yang tidak benar," katanya.

Imran mengatakan, belasan preman tersebut akan menjalani pemeriksaan dan diproses lebih lanjut oleh Satreskrim Polresta Padang.

"Kita lihat nanti hasil pemeriksaan dari Satreskrim. Nantinya akan ditindak lanjuti sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto