Minta Warga Minang Tak Mudik, Doni Monardo: Jan Lai Ado Acara Pulang Basamo

Nur Ichsan · Jumat, 16 April 2021 - 17:24:00 WIB
Minta Warga Minang Tak Mudik, Doni Monardo: Jan Lai Ado Acara Pulang Basamo
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (15/4/2021). (Foto: BNPB)

Data WHO, beberapa negara di dunia bahkan mengalami peningkatan kasus akhir-akhir ini meskipun beberapa negara tersebut sudah melaksanakan program vaksinasi bagi masyarakatnya.

Menurut data Satgas Penanganan Covid-19 nasional, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan sebesar 14,2 persen pada pekan ini dari pekan sebelumnya. Kasus kematian juga turun 17,6 persen, namun angka kesembuhan juga menurun 3,5 persen dibanding pekan sebelumnya.

"Kasus kita secara nasional sudah sangat baik sekarang. Sementara di negara lain mengalami peningkatan yang luar biasa. Angka kematiannya tinggi, kasus aktif hariannya juga sangat tinggi sekali padahal banyak negara yang sudah vaksin," kata Doni.

Berkaca dari hal itu, Doni kembali menegaskan bahwa vaksinasi bukan jaminan seseorang tidak terpapar Covid-19. Vaksin berhubungan dengan daya tahan dan kekebalan tubuh seseorang. Dengan vaksinasi, maka seseorang mampu lebih tahan terhadap Covid-19.

"Vaksin tidak menjadi jaminan bahwa kasus Covid-19 akan berkurang. Tapi vaksin bisa membantu membuat orang menjadi lebih tahan terhadap Covid-19," ujar Doni.

Sebagai seorang penyintas, Doni juga menjelaskan sejauh ini CovidD-19 masih menjadi ancaman bagi setiap orang. Apabila penanganannya terlambat, maka risiko terburuk kematian.

"Kalau terlambat dirawat di rumah sakit, maka risikonya kematian," kata Doni.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3