MK Tolak Semua Gugatan Sengketa Pilgub Sumbar

Antara · Rabu, 17 Februari 2021 - 08:19:00 WIB
MK Tolak Semua Gugatan Sengketa Pilgub Sumbar
Gedung Mahkamah Konstitusi (Sindonews/Yulianto)

PADANG, iNews.id - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua gugatan sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diajukan pasangan calon (paslon) Gubernur Nasrul Abit dan Indra Catri. Dengan ditolaknya gugatan itu, paslon Mahyeldi-Audy Joinaldy tetap menjadi pemenang Pilgub Sumbar.

Hakim Konstitusi Anwar Usman membacakan putusan perkara 128/PHP.GUB-XIX/2021 itu menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum dan permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Sementara Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih menyebut setelah Mahkamah mendengar dan membaca secara seksama keterangan termohon dan pihak terkait serta memeriksa alat bukti yang diajukan para pihak maka untuk penetapan tim pemeriksaan kesehatan calon gubernur Sumbar sebagaimana keberatan yang diajukan pemohon telah sesuai dengan pasal 45 ayat 2b1 UU 10/2006.

Kemudian terkait adanya pelanggaran tata cara dan prosedur pelaksanaan pemungutan suara sampai proses rekapitulasi penghitungan suara tidak ada bukti yang meyakinkan mempengaruhi secara signifikan suara pemohon.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2