Motor Nabrak Warung, Pencuri Ponsel Modus Pengamen di Padang Ditangkap Polisi

Budi Sunandar ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 11:26 WIB
Motor Nabrak Warung, Pencuri Ponsel Modus Pengamen di Padang Ditangkap Polisi
Polisi menangkap salah satu pengamen yang mencuri ponsel di Padang (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, iNews.id - Tim Phyton Polsek Lubeg, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menangkap dua pemuda dan satu remaja putri. Ketiganya ditangkap karena mencuri ponsel dengan modus menjadi pengamen jalanan.

Kapolsek Lubeg, AKP Andi P Lorena mengatakan, mereka masing-masing berinisial RN (21), RF (20) dan FR (20). RN merupakan satu-satunya pelaku wanita.

Andi menambahkan, pelaku ditangkap setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat. Berbekal laporan itu, polisi melakukan penyelidikan. Hasilnya, polisi akhirnya mengetahui keberadaan pelaku.

“Pelaku ditangkap Senin malam (1/6/2020) di kawasan Simpang Lubuk, Begalung, Padang,” kata Andi, Selasa (2/6/2020).

Andi menambahkan, aksi kejar-kejaran sempat terjadi antara pelaku dan polisi. Lantaran panik, sepeda motor yang dikendarai pelaku menabrak warung di sekitar lokasi.

“Petugas menangkap dua pelaku yakni RF dan FR. Begitu ditangkap, kami langsung melakukan pengembangan,” kata dia.

Pengembangan, kata Andi, dilakukan di daerah Piai, Kecamatan Lubeg. Sayangnya, kedatangan petugas diketahui oleh pelaku dan keluarganya.

“Pelaku kabur karena petugas dihalangi oleh pihak keluarga,” kata dia.

Tak sampai di situ, polisi kemudian melakukan pengembangan di sebuah warung internet (warnet) di Batung Taba. Hasilnya, satu pelaku berhasil diamankan,.

“Mereka komplotan pencuri ponsel dengan modus pengamen jalanan. Jadi mereka memanfaatkan kelalaian pengemudi yang meninggalkan ponselnya di dalam mobil,” kata Andi.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa satu iPhone. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

“Pelaku lainnya masih kami kejar,” kata Andi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto