Pasar Atas Bukittinggi Kembali Dibuka, Gubernur Sumbar: Perlu Diawasi TNI/Polri

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:23 WIB
Pasar Atas Bukittinggi Kembali Dibuka, Gubernur Sumbar: Perlu Diawasi TNI/Polri
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (ANTARA/Miko Elfisha)

PADANG, iNews.id - Pasar Atas Bukittinggi diusulkan agar dijaga oleh personel Polri atau prajurit TNI. Hal ini diusulkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyusul pasar itu kembali dibuka pada Kamis (18/6/2020) setelah musibah kebakaran Oktober 2017.

"Saya belum tahu apakah Pasar Atas ini masuk dalam agenda pengawasan penerapan protokol Covid-19 dalam era normal baru oleh pihak Polri/TNI. Nanti dibicarakan dengan Kapolda," kata Irwan di Padang, Kamis (18/6/2020).

Irwan menambahkan, pedagang dan pembeli di Pasar Atas Bukittinggi tersebut harus menjalankan protokol kesehatan secara disiplin seperti wajib masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jika pasar itu beroperasi dipastikan akan sangat ramai dikunjungi masyarakat karena itu penerapan protokol kesehatan perlu diawasi oleh petugas, bisa satpol PP atau kepolisian/TNI,” kata dia.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto menyebut pihaknya menyiapkan 6.000 personel untuk mengawal era normal baru di Sumbar. Sementara Danrem 032 Wirabraja Brigjen Inf Arief Gajah Mada menyiapkan 1.709 personel untuk agenda yang sama.

Pasar Atas Bukittinggi merupakan salah satu pasar favorit di Sumbar. Selain menjual berbagai pernik perhiasan, pakaian hingga mukena, lokasi pasar yang dekat dengan ikon Sumbar, Jam Gadang.

Usai berbelanja, orang bisa memanfaatkan waktu untuk berwisata di Jam Gadang yang hanya berjarak belasan meter dari gerbang Pasar Atas.

Pada Oktober 2017, kebakaran besar melanda komplek pertokoan di Pasar Atas. Kebakaran membuat konstruksi pasar bermasalah sehingga harus diperbaharui.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto