Pelihara Rusa di Rumah, Pria di Dharmasraya Dijemput Polisi

Antara ยท Jumat, 01 Oktober 2021 - 15:58:00 WIB
Pelihara Rusa di Rumah, Pria di Dharmasraya Dijemput Polisi
Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun mengegelar jumpa pers pengungkapan kasus kepemilikan satwa dilindungi, di Mapolres Dharmasraya, (Antara)

DHARMASRAYA, iNews.id - Seorang pria berinisial FMR di Dharmasaraya, Sumatera Barat (Sumbar) ditangkap polisi. Dia ditangkap karena memelihara seekor rusa di rumahnya.

"Pelaku sudah memelihara rusa tersebut lebih kurang dua tahun. Pelaku beralasan memelihara satwa dilindungi karena ingin memiliki rusa itu," kata Kapolres Dharmasraya, AKBP Anggun Cahyono, Jumat (1/10/2021).

Anggun menambahkan, rusa yang dipelihara yakni Rusa Sumbar atau rusa unicolor memiliki warna coklat jenis kelamin betina.

"Diperkirakan berusia dua sampai tiga tahun," kata dia.

Dari hasil pemeriksaan sementara, rusa sudah dipelihara oleh pelaku sejak kecil. Hewan itu ditangkap karena terpisah dari induknya. Anak rusa tersebut ditangkap pada pertengahan Juni 2019 di daerah Hutan Bulangan Nagari Bonjol, Kecamatan Koto Besar.

"Setelah ditangkap pelaku membawa ke rumahnya di wilayah Koto Agung Sitiung, kemudian agar tidak terpantau oleh kepolisian dan BKSDA, anak rusa tersebut dipindahkan ke wilayah Kecamatan Koto Besar," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: