Pemkot Padang Akan Ambil Alih Tower Tak Bertuan, Ini Alasannya

Rus Akbar ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 06:51:00 WIB
Pemkot Padang Akan Ambil Alih Tower Tak Bertuan, Ini Alasannya
Tower tak bertuan berdiri di Padang, Sumbar (Istimewa)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemko)Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengambil alih ratusan tower tak bertuan yang berdiri di wilayah kota tersebut. Hal ini dilakukan karena tower tersebut tidak tahu pemiliknya sehingga Pemkot Padang tidak bisa memungut retribusi.

"Ada tower yang hingga kini tidak diketahui siapa pemiliknya, kita akan segera akuisisi," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy, Kamis (20/5/2021).

Salah satunya tower telekomunikasi yang berada di Teratai di GOR H. Agus Salim Padang. Towernya cukup tinggi berada di sayap kiri depan Kolam Teratai tidak terurus dan diselimuti tanaman merambat.

Rudy menambahkan, beberapa meter dari tower tak bertuan itu ada juga terdapat tower lain. Ketinggiannya pun hampir sama. Hal ini tentu menjadi tanda tanya, karena tak biasanya letak tower saling berdekatan.

"Kita tentu ingin sistem tower di Padang bagus, rapi. Sesuai master plan, tiap tower harus diketahui titik koordinat dan siapa pemiliknya, sehingga gampang untuk melakukan pengawasan," kata Rudy.

Selain itu, dengan mengetahui pemilik masing-masing tower, Diskominfo Padang punya data timeline keberadaan tower. Kapan tower berdiri dan kapan masa rubuh atau rusaknya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2