Pemkot Padang Ingatkan Pusat Perbelanjaan Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

hermawan H ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 22:38 WIB
Pemkot Padang Ingatkan Pusat Perbelanjaan Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Edi Hasymi Mengecek Pusat Perbelanjaan Yang Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 ( Foto : Humas Padang)

PADANG, iNews.id - Pemkot Padang mengingatkan agar pengelola pusat perbelanjaan di kota itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, terutama dengan meningkatnya pengunjung menjelang Lebaran.  Untuk memastikan penerapannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Edi Hasymi turun langsung mengecek, Kamis (21/5/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi mengatakan, pengecekan ini dilakukan guna memastikan pusat-pusat perbelanjaan sudah melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Protokol itu di antaranya, pengunjung wajib menggunakan masker, pengelola wajib melakukan pengecekan suhu tubuh, dan menyediakan tempat mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Kemudian, mengatur jarak pengunjung atau physical distancing.

"Dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H, diperkirakan akan meningkat kunjungan masyarakat untuk berbelanja. Kita perlu cek persiapan pelaksanaan SOP Covid-19 di pusat perbelanjaan," ujar Edi Hasymi.

Edi Hasymi menambahkan, dalam pengecekan yang dilakukan hari ini, sudah 90 persen SOP Covid-19 terlaksana di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Padang. Dia juga mengingatkan kepada pemilik toko agar menjaga kebersihan, terutama benda yang sering dipegang oleh pembeli seperti troli atau keranjang belanja.

Tak hanya itu, kasir juga harus sering mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Sebab, mereka sering bersinggungan dengan pembeli dan memegang uang.

"Dengan terlaksananya protokol kesehatan Covid-19, tentunya kita berharap dapat melindungi pengunjung dan pembeli dari penularannya," katanya.


Editor : Tomi Wahyudi