Pemprov Sumbar Akan Pinjamkan APD untuk Petugas KPU

Antara · Kamis, 18 Juni 2020 - 16:59:00 WIB
Pemprov Sumbar Akan Pinjamkan APD untuk Petugas KPU
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan meminjamkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penyelenggara pemilu pada Pilkada serentak 2020. Hal ini dilakukan agar tahapan pilkada di Sumbar tidak terganggu.

"Hingga hari ini kita berkomunikasi dengan Ketua KPU Sumbar, APD penyelenggara ditanggung oleh pusat melalui APBN. Namun, karena barangnya belum sampai, maka dipinjamkan dulu APD milik Pemprov," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Kamis (18/6/2020).

Irwan menambahkan, APD yang dibutuhkan itu seperti baju hazmat, masker, hand satinizer atau penyanitasi tangan hingga disinfektan. Barang itu untuk melindungi penyelenggara pemilu dari potensi terpapar Covid-19.

“Nanti APD yang sudah digunakan itu harus diganti kembali menggunakan APD yang datang dari pusat sehingga stok APD di daerah tidak terganggu,” kata dia.

Irwan melanjutkan, awalnya KPU Sumbar hanya akan meminjam APD untuk penyelenggara pada dua daerah, di antaranya Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sementara untuk daerah lain akan dikirimkan dari pusat. Namun hingga tahapan dimulai pada 15 Juni 2020, ternyata APD itu belum datang.

Irwan menambahkan, pemprov Sumbar memiliki stok APD yang mencukupi hingga Desember 2020. Sebagian dari APD itu bisa dipinjamkan sementara kepada KPU.

“Namun karena pandemi masih berlangsung, maka APD itu harus dikembalikan untuk menjaga stok kebutuhan petugas kesehatan,” kata dia.

Sebanyak 11 kabupaten dan dua kota di Sumbar akan menggelar Pilkada secara serentak sesuai jadwal yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri yaitu 9 Desember 2020.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan tahapan untuk Pilkada tersebut sudah dimulai 15 Juni 2020.

Agenda yang paling dekat adalah verifikasi faktual untuk dukungan calon perseorangan. Penyelenggara Pemilu harus mendatangi seluruh pemilik KTP untuk diverifikasi keabsahan dukungan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: