Polda Sumbar Siap Buru Napi yang Kabur dari Rutan Muara Labuh

Rus Akbar ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 16:56:00 WIB
Polda Sumbar Siap Buru Napi yang Kabur dari Rutan Muara Labuh
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya (Rus Akbar/MNC Portal)

Hal senada juga disampaikan oleh Era Wiharto Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang. Menurutnya, dengan adanya koordinasi ini, ke depan dapat membawa dampak positif bagi Lapas Padang. 

"Lapas Padang sebagai Lapas yang berada di ibukota propinsi dengan isi lebih kurang 900 orang WBP, rawan akan ancaman terjadinya gangguan kamtib," katanya.

Lebih lanjut, Era berharap koordinasi merupakan salah satu langkah dalam antisipasi dini terhadap gangguan kamtib dalam Lapas. Koordinasi ini kemudian diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh Kepala Kantor Wilayah kepada Kapolda Sumbar.

Seperti berita seblumnya delapan napi di Rutan Kelas IIB Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat kabur saat melaksanakan ibadah salat tarawih pada Kamis (29/4/2021).

"Mereka kabur pada saat pelaksanaan ibadah salat tarawih. Saat ini pihaknya membantu petugas Rutan Kelas IIB Muara Labuh untuk memburu para tahanan yang melarikan diri. Dia meminta delapan orang tersebut untuk segera menyerahkan diri. Pasti kami kejar sampai dapat, " kata Kapolres Solsel, AKBP Tedy Purnanto, Jumat (30/4/2021).

Delapan orang tahanan tersebut bernama Suriadi Kabailangan (32), Efwazan (50), Nasli Dedi (43), Irwansyah (36). Kemudian, Samsul Bahri (35), Nasrul (51), Yuhelma (34), dan Mul Candra (41).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto